WELCOME TO MY BLOG!!

09 March 2012

Niat

Meskipun sudah mengucapkan dalam hati atau lisan, kadang-kadang kita masih  bertindak kontradiktif dengan apa yang kita ucapkan. Ketikan berucap. "saya berniat sedekah" lalu kita menyebarluaskan informasi betapa dermawannya kita dengan nada bangga, padahal Tuhan tentu saja tidak menyukainya. Kita tak merasa ada yang aneh dari tindakan itu. Itulah  Niat


Memang sulit mengompakan antara niat sebagai produk batin dengan dengan tindakan sebagai produk lahir. Niat tidak bisa dilihat apakah itu lonjong, bulat, persegi atau segitiga, sedangkan tindakan jelas-jelas nampak.Tetapi anehnya, tindakan bisa berubah jika niat juga berubah. Dengan demikian berarti harga sebuah tindakan sangat ditentukan oleh niat yang mendasarinya.


Inilah mungkin latar belakang Tuhan menciptakan manusia dari dua unsur yang berbeda. Ruh kita yang berasal dari unsur samawi (langit) sengaja diciptakan agar tidak tampak, sementara jasad kita dari unsur bumi yang diciptakan kasat mata. Ini kelihatan sebagai idiom bagi kita untuk membuat logika bahwa sesuatu yang tampak bersifat fana, sementara yang tidak tampak bersifat abadi. Niat dan semua yang menyertainya seperti tekad, rasa cinta, pahala dan dosa akan tampak kelak pada waktunya yang indah nanti. sementara pada saat yang sama tindakan dan semua perangkatnya seperti pembunuhan, harta, uang dan jabatan justru tidak berwujud. Mereka telah menjelma mejadi dosa.


Maka orang yang merasa selalu di bawah pengawasan Tuhan adalah orang yang berupaya keras mengupayakan keselarasan antara niat dan tindakan.



2 comments:

  1. Widih jadi blogger sekarang si Klenyem ini

    Bismillah Nu kalau mau usaha dan Fight till The End

    udah lega ya bar lengser

    MFP 210603

    ReplyDelete
  2. Wkwkwkwk..iya tum, setengah lega ni. lha belum lulus

    ReplyDelete

tabber

Auto Featured Slideshow SpicyTricks.com

Nemo enimipsam

Powered by Blogger.

Footer Post 4