WELCOME TO MY BLOG!!

09 March 2012

Segalanya tentang E-Commerce


Dalam kehidupan yang serba dibantu dengan teknologi membuat segala informasi tersedia berlimpah di masyarakat, bahkan sampai terjadi banjir informasi. Dengan adanya teknologi internet juga menjadikan segala sesuatunya mungkin didapatkan dan lebih mudah jangkauannya, baik itu informasi tentan isu-isu yang mengglobal maupun yang spesifik. Dengan adanya informasi dan bantuan teknologi semakin memberikan wacana baru bagi masyarakat luas khususnya masyarakat bisnis untuk membuka atau berinovasi dalam mencapai tujuannya. Bisnis online atau yang sering disebut e-commerce merupakan terobosan stategi baru dikalangan pembisnis dalam melakukan pemasaran. Dengan menggunakan e-commerce maka pembisnis dan konsumen menjadi terhubung satu sama lain tanpa terasa adanya pembatas, jarak dan ruang waktu. Hal itu dimungkinkan karena e-commerce yang dalam pelaksanaanya terdapat dalam jaringan internet yang dapat diakses selam 24 jam dalam seminggu, sehingga tidak menimbulkan kekuatiran akan kebutuhan waktu yang lebih lama dalam melakukan transaksi. E-commerce juga menyediakan berbagai variasi pilihan bagi konsumen dalam melakukan pembandingan dan penilaian. E-commerce juga membantu pembisnis dalam memberikan informasi yang mereka milki baik dari barang, harga sampai pada lokasi produk berasal.
      E-commerce sendiri merupakan menurut Kotler dan Amstrong (dalam Bhakti, 2009) adalah saluran online atau saluran yang dapat dijangkau sesorang melalui komputer dan modem. Jadi e-commerce merupakan saluran online yang digunakan oleh pembisnis dalam melakukan aktifitas bisnisnya dan digunakan konsumen untuk mendapatkan informasi dan produk dengan menggunakan bantuan komputer dan modem yang dalam prosesnya diawali dengan pemberian jasa informasi pada konsumen oleh produsen dalam menentukan pilihan. Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa e-commerce merupakan pertukaran barang antara penjual dan pembeli dari berbagai komoditi dalam skala luas dengan menggunakan transportasi dari suatu wilayah ke wilayah lain, dimana dalam aktivitas bisnis tersebut secara fisik telah digantikan dari transaksi jual beli fisik menjadi bantuan komunikasi dari sebuah mesin elektronik (internet) (Rahmawan, 2006)
   Dengan terdapatnya e-commerce yang terdiri dari berbagai unsur, baik teknologi, informasi, komunikasi semakin memperkuat pernyataan Daniel Bell tentang Post-Industrial Society, bahwa pada era informasi dimana informasi menjadi komoditas penting serta adanya perubahan orientasi ekonomi dari pekerjaan yang awalnya mengutamakan otot atau energi, manufaktur menuju ke industri yang menyediakan layanan dan pengetahuan. Dengan menggunakan bisnis online para pembisnis medapatkan keuntungan yaitu adanya penyesuaian yang cepat pada kondisi pasar serta adanya penekanan biaya, waktu dan tenaga dalam hal penyewaan gedung, pengelolaan toko, serta biaya penyewaan maupun biaya pencetakan brosur serta pengiriman catalog produk. Sedangkan bagi konsumen keuntungan didapatkan dengan adanya kemudahan dalam melakukann pemesanan produk dalam 24 jam sehari dimanapun mereka berada selama terhubung dengan internet. Konsumen juga dapat memperoleh informasi tentang suatu produk sehingga mendapatkan gambaran lebih, dan dapat dijadikan sebagai perbandingan baik kualitas serta harga dari berbagai competitor pembisnis online.

No comments:

Post a Comment

tabber

Auto Featured Slideshow SpicyTricks.com

Nemo enimipsam

Footer Post 4